Selasa, 09 Januari 2018

Tips Menulis Cerita

Ada beberapa langkah menulis cerita untuk pemula.

Di postingan pertama, Bang Mimin akan memberikan beberapa langkah sederhana dalam membuat sebuah cerita.

Bagi yang baru ingin atau baru mulai menulis cerpen atau cerita ataupun novel, panduan ini mungkin berguna. Tetapi hanya sebagai referensi yang memudahkan. Pengembangan selanjutnya terserah pada semuanya.

Cerpen merupakan cerita tertulis yang mengandung alur, plot dan pesan, yang biasanya ditulis antara 1000 kata atau sekitar 7000 CWS (Character With Spacing). - Short-short story: 1.000 - 3.000 kata, - Middle-short story: 3.000- 5.000 kata, dan - Long-short story : 5.000 - 10.000 kata. - Di bawah 1.000 kata disebut Cerpen Mini (Flash fiction).


Tetapi kalau ingin membuat cerpen ideal: 3.000 - 4.000 kata. 

Langkah 1 : MENEMUKAN / MENANGKAP IDE .

Untuk bisa menulis cerita, ini adalah syarat mutlak yang tidak bisa dilangkahi, yaitu: menemukan ide. Tanpa ide, kita tidak akan bisa menulis. Tidak perlu stress atau sampai migrain untuk mendapatkan atau memikirkan bagaimana memiliki sebuah ide. Karena ada ribuan bahkan jutaan ide yang bisa kita dapat di sekeliling kita. Idenya yang biasa saja, namun pengembangannya mungkin bisa luar biasa. Ide sekaligus bisa menjadi judul, yang bisa kita sesuaikan dengan isi cerita nantinya.

Contoh : Kalian melihat ibu memegang pisau. Itu misalnya bisa menjadi ide cerita horor komedi: Pisau Keramat Nenek Gerandong.

Beberapa tips gila dari Bang Mimin, di mana bisa menemukan ide:

1. Di ujung jalan. Duduk diam dan mengamati lalu lalang jalanan. Barangkali melihat Si Mumun atau Si Mulut Dower lewat, atau melihat seseorang mengendarai motor seperti setan jalanan. Itu bisa menjadi ide.

2. Di pasar atau di tengah keramaian. Ada banyak ide bisa didapat di sini. Misalnya melihat preman ceking kurus tak berdaging sedang mengatur parkiran dan bertransaksi ongkos parkir dengan seorang ibu-ibu yang ngeyel. Lagaknya yang bengis tapi sopan bisa menggugah imajinasimu. Contohnya: lahirnya novel pertama milik Bang Mimin berjudul Catatan Si Dodoy. Berawal di sini.

3. Pakai mata dan telinga. Ide bisa di banyak tempat. Di atas atap genting tetangga, di toilet umum atau ... di mana saja, yang terpenting biasakan mata melihat dan telinga mendengar. Mata jangan biasakan menunduk ke bawah. Karena tak ada koin jatuh di situ, dan telinga jangan selalu disumpal headset karena mungkin kamu akan melewatkan lengkingan perih kondektur bis atau tukang jual minyak.

4. Bawa hatimu. Melihat dan dan mendengar, terlebih dengan hati. Itu akan membuat idemu berasa. Sentuhan-sentuhan yang kalian rasakan, akan menjadi 'feel' di dalam ceritamu nanti.

Masih banyak cara untuk mencari ide, asalkan ada kemauan pasti ada saja jalan atau Si Ilham nyangkut. Jadi biasakan hal termudah dalam mencari ide, yaitu amati sekeliling kita. Ada apakah di sekeliling kita, semua bisa dijadikan ide dalam menuangkan sebuah cerita. Tips selanjutnya .... pada postingan selanjutnya, ya ... cekidot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar