Jumat, 12 Januari 2018

Tips Menulis Cerita ( 4 )

Jumpa lagi dengan Bang Mimin yang kece badai ... postingan kali ini, kita akan membahas mengenai langkah selanjutnya dalam menulis cerita bagi pemula, yaitu:


Langkah 4 : Merangkai alur dan plot.

Alur dan plot adalah bagian penting dalam sebuah cerpen. Tanpa keduanya, maka tidak akan jadilah sebuah cerpen. Mari kita bahas satu persatu.

1. Alur Cerita.

Secara sederhana, alur adalah CARA dan URUTAN kita akan menggerakkan cerita. Bagaimana langkah cerita itu akan kita buat. Ibarat kendaraan, ini adalah mesin. Kita akan bergerak bagaimana. Alur bisa digolongkan menjadi tiga:

- Alur Maju.

Ini adalah alur yang paling mudah, dan biasa dikenal sebagai alur lurus. Cerita yang menggunakan alur ini dimulai dari permulaan, konflik, klimaks, antiklimaks, penyelesaian. Cara ini adalah cara yang paling sering digunakan oleh penulis pemula, untuk membiasakan diri menyajikan sebuah konflik dan menyelesaikannya.

- Alur Mundur.

Alur mundur adalah alur yang memakai penyelesaian menjadi sebuah pembukaan. Biasanya alur ini untuk menggambarkan kehidupan dari si tokoh masa sekarang di masa lampau. Harus berhati-hati, karena jika tidak pandai menuliskannya, yang didapat pembaca adalah bingung.

- Alur Campuran.

Alur campuran adalah alur gabungan antara alur maju dan mundur. Biasanya bermula dengan jalan lurus sebuah cerita, lalu mengingat kilas balik di masa lampau, dan kembali lagi ke masa sekarang hingga selesai. Biasanya ini banyak digunakan dalam novel.

2. Plot

Apa itu plot? Secara sederhana, plot adalah rangkaian peristiwa-peristiwa yang kemudian dihubungkan sehingga menggerakkan cerita itu sendiri mengikuti alur. Peristiwa-peristiwa itu kemudian dibenturkan untuk mendapatkan konflik (ketegangan) yang memberikan ruh dari cerita itu sendiri.

Sebelum menulis lebih baik membuat bagian-bagian itu, meskipun jangan terlalu terikat karena akan menjadi kaku. Plot yang baik meliputi bagian:

- Awal cerita (beginning)
- Tengah cerita (Middle)
- Akhir cerita (End)

Sekian tips keempat kali ini, sisanya bersambung lagi di postingan selanjutnya, ya ... cekidot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar