Kamis, 17 Januari 2019

Tips Menyiasati Plot Hole Pada Novel


post it

Apa sih Plot Hole?
Bagi Anda yang hobinya menulis, atau bisa disebut sebagai penulis cerita. Pasti tidak asing lagi dengan istilah 'PLOT HOLE'. Nah, kali ini Bang Mimin mau sedikit mengupas dan beberapa tips untuk menyiasati apa yang namanya plot hole di dalam sebuah cerita, baik itu novel, dongeng, atau pun cerpen.
Pernah nggak sih saat menonton atau membaca suatu cerita, kita mengerutkan dahi dan berpikir kok sepertinya ada yang hilang, atau kok sepertinya ada yang nggak masuk akal ya? Bisa jadi, itu artinya Anda menemukan sebuah plot holes atau lubang plot di cerita tersebut.

Secara definisi, plot holes adalah elemen yang hilang atau kesalahan yang jelas dalam alur cerita yang menghilangkan kelogisan dan integritas plot. Contoh plot holes meliputi:
  • Peristiwa tidak logis. Contoh: Para penjahat super yang mudah sekali dikalahkan.
  • Kontradiksi. Contoh: Seorang ibu yang sangat penyayang di satu adegan, tapi tiba-tiba di adegan berikutnya menjadi sangat kejam.
  • Menurunkan garis plot atau karakter. Contoh: Seorang karakter pendukung pergi mencari sesuatu, meninggalkan karakter utama, lalu kita tidak pernah mendengar lagi tentang dia.
  • Perubahan karakter atau setting yang tidak dapat dijelaskan. Contoh: Seorang karakter memulai hari mereka di sebuah kota, tapi tiba-tiba berada di sebuah pedesaan di siang hari.
  • Kesalahan yang continueContoh: seorang karakter dikatakan memiliki mata cokelat dalam suatu adegan tapi di adegan lain tiba-tiba berwarna hitam.
Pada akhirnya, setiap elemen yang membuat pembaca menggaruk kepala bisa dianggap sebagai plot holes, meski tidak tercantum di atas. Tapi jangan khawatir, ada caranya lho untuk meminimalisir plot holes dalam novel Anda, simak yang berikut:
  1. Minimalkan kebetulan-kebetulan.
  2. Carilah solusi yang tak terduga untuk masalah dalam novel Anda, tapi harus tetap masuk akal.
  3. Apakah Anda sudah menjawab semua pertanyaan-pertanyaan besar dalam novel Anda?
  4. Apakah Anda sudah menjawab semua pertanyaan kecil dalam novel Anda?
  5. Pertanyaan besar adalah hal-hal seperti siapa yang melakukan pembunuhan di cerita kriminal (thriller). Pertanyaan kecil adalah seperti apakah karakter-karakter pendukung menemukan cara untuk menebus dirinya.
  6. timeGunakan transisi untuk menghindari lompatan waktu, termasuk petunjuk tentang lewatnya hari, atau musim, atau bulan dan tahun.
  7. Pastikan bahwa segala sesuatu terjadi dalam urutan logis waktu, kecuali kalau novel atau cerita Anda bergenre di luar narasi umum.
  8. Apakah semua karakter Anda berperilaku sesuai dengan kepribadian mereka? Jika tidak, itu alasan yang baik untuk mengistirahatkan mereka sebagai karakter.
  9. Periksa semua detail kecil, sehingga ada konsistensi dalam informasi yang diberikan tentang karakter-karakter Anda.
  10. Cerita yang kuat adalah ketika kekuatan karakter dikembangkan, dan membawa mereka menjadi solusi atau mencari solusi, untuk masalah-masalah yang terjadi sepanjang cerita.
Nah, seperti itulah yang dimaksud Plot Hole ini. Semoga bermanfaat buat semuanya, ya.
Salam Literasi. :)

Sumber: https://ellenconny.com/2017/08/30/10-cara-meminimalisir-plot-holes-dalam-novel-anda/comment-page-1/#comment-1321



Tidak ada komentar:

Posting Komentar